Fondasi Teknik Penulisan
Secara umum terdapat dua cara untuk menulis ekspresi matematika di LibreOffice:
- Cara GUI: ini cara lambat namun paling gampang, dilakukan dengan mengaktifkan dulu jendela LibreOffice Math apakah dari Writer atau tanpa Writer.
- Cara Kode: ini cara tercepat, dilakukan dengan menulis langsung kode ke dokumen LibreOffice Writer.
Mengenal Jendela Math
Begini tampilan utama jendela LibreOffice Math. Anda perlu membiasakan diri melihatnya sebelum menulis ekspresi-ekspresi matematika.
Mengenal Jendela Math di Writer
Memang ada jendela Math sendiri, dan jendela Math menyatu dengan Writer sendiri. Math yang menyatu dalam Writer ini sama seperti equation editor di Microsoft Word. Jendela ini dipanggil dengan membuka menu Insert > Object > Formula. Selalu ingat menu ini karena Anda akan sangat sering mengaksesnya.
Mengenal Elements Toolbox
Panel berisi tombol-tombol (tools) di sebelah kiri jendela Math ini dinamakan Elements. Elements berisi templat-templat rumus siap pakai terbagi dalam 10 kategori. Dengan Elements inilah Anda akan memasukkan rumus-rumus tersebut langsung ke dokumen.
Percobaan Penulisan
Anda harus mencoba menulis langsung di Writer untuk memahami cara kerja equation editor ini. Buka sebuah dokumen > letakkan kursor > buka menu Insert > Object > Formula > coba-coba ambil sebuah rumus > edit rumus > letakkan kursor kembali. Hasilnya misalnya seperti ini:
Contoh-Contoh Rumus Populer
1. Penjumlahan
Kode sumber:
1 + 1 = 2 newline newline
x + y = z newline newline
{ 1 over 2 } + { 1 over 3 } = {{3 + 2} over 6} = { 5 over 6 } newline newline
3x^{3} + 4y^{ 2 } + z = 36 newline newline newline
2. Pengurangan
Kode sumber:
2 - 1 = 1 newline newline
x - y = z newline newline
{ 1 over 2 } - { 1 over 3 } = {{3 - 2} over 6} = { 1 over 6 } newline newline
3x^{3} - 4y^{ 2 } - z = 36 newline newline newline
3. Perkalian
Kode sumber:
2 times 2 = 4 newline newline
{ 1 over 2 } times { 2 over 5 } = { 1 times 2 } over { 2 times 5 } = { 2 over 10 } newline newline
{x cdot y} = k cdot n newline newline
Luas %DELTA = { 1 over 2 } times a times t newline newline
4. Pembagian
Kode sumber:
1 over 2 newline newline
{ {1 over 6} - {4 over 5} } over { {1 over 2} + {2 over 5} } newline newline
{ {1 over 6} - {4 over 5} } over { {1 over 2} + {2 over 5} } + { {{{3 over 6} + {4 over 7} } over {{5 over 7} + {7 over 8} }}} newline newline
{ a^{2} + b} over {c^{2} + d } newline newline
5. Perpangkatan
Kode sumber:a^{ b } newline newline
a^{ x + c } newline newline
a ^{ 1 over 2 } newline newline
{ 1 over 2 }x^-{ 1 over c } newline newline newline
6. Akar
Kode sumber:
sqrt{ 81 } = 9 newline newline
sqrt{ x^{3} + y^{2} + sqrt{c} } newline newline
A = { {sqrt{x+3}} over {sqrt{x+2}} } + { {sqrt{y-9} } over {sqrt{y+4} } } newline newline
x = { -b +- {sqrt{b^{2} - 4ac }}} over {2a} newline newline newline
7. Persamaan Aljabar
Kode sumber:
3x + 6y = 9 newline newline
6x^{3} + 9y^{2} + 3z = 17 newline newline
( y - y_{1} ) = m ( x - x_{1} ) newline newline
( y - y_{1} ) = { y_{2} - y_{1} } over { x_{2} - x_{1} } {x-x_{1} } <?> geslant <?> newline newline
f( x )^{ g(x) } = f( x )^{ h(x) } newline newline
jika a^{ f(x) } = a^{ m }, a > 0 dan a <> 1, maka f( x ) = m newline newline newline
8. Pertidaksamaan
Kode sumber:x + y >= 2 newline newline
x + y > -2; x<= 0 dan y <= 0 newline newline
-3 <= y <= 7 newline newline
-x + 8y <= 80 newline newline
x + y <> 0 newline newline newline
9. Sigma
Kode sumber:sum from{ k=1 } to{ n } { a_{k} = a_{1} + a_{2} + a_{3} + dotslow + a_{n} } newline newline
S_{ n } = sum from{ k=1 } to{ n } { (a+(k-1)b ) = a+(a+b)+(a+2b)+ dotslow + (a+(n-1)b ) } newline newline
S_{ n } = sum from{ k=1 } to{ n } ar^{k-1} = { a + ar + ar^{2} + dotslow + ar^{n-1} } newline newline
sum from{ k=1 } to{ n } a_{ k } = a_{ 1 } + a_{ 2 } + a_{ 3 } + dotslow + a_{ n } newline newline newline
10. Integral
Kode sumber:
int x^{ n } dx = { 1 } over { n+1 } x^{ n+1 } + C newline newline
int kf( x ) dx = k int f( x ) dx newline newline
int ( f(x) + g(x)) dx = int f( x )dx + int g( x )dx newline newline
int ( f(x) - g(x) ) dx = int f( x ) dx - int g( x ) dx newline newline
L = int from{ a } to{ b } { f(x) dx} newline newline
int from{ 0 } to{ 3 } { (9-x^{2}) dx = left none 9x - {1 over 3}x^{3} right ]^{3}_{0} = 27 - 9 = 18 } newline newline newline
11. Limit
Kode sumber:
lim from{ x-> a } f( x ) newline newline
lim from{ x->2 } { {x-2} over {x^{2}-4} } newline newline
lim from { t->0^{-""} } { H(t) = 0 } ";" lim from{ t->0^{+""} } { H(t) = 1 } newline newline
lim from{ x->-2 } { {3x^{2} + ax + a + 3} over {x^{2} + x - 2} } newline newline
lim from{ x->c } f^{ n } ( x ) = left [ lim from{x->c} f(x) right ]^{ n } newline newline
lim from{ x->c } nroot{ n }{f}(x) = nroot{ n }{ lim from{x->c} f(x) } newline newline
lim from{ x->2 } {(x^{2} + 8x -6)} = lim from{ x->2 } { x^{2} } + lim from{ x->3 } { 8x } + lim from{ x->3 } { 6 } newline newline newline
12. Matriks
Kode sumber:
matrix{a # b ## c # d} newline newline
left [ matrix{ 1 # 2 ## 3 # 4 } right ] newline newline
left ( matrix{ 1 # 2 ## 3 # 4 } right ) newline newline
left lline matrix{ 1 # 2 # 3 ## 4 # 5 # 6 ## 7 # 8 # 9 } right rline
newline newline
left [ matrix{ color magenta {1} # color magenta {2} # color magenta {3} ## 4 # 5 # 6 ## 7 # 8 # 9 } right ] = left [ matrix{ color magenta {1} # 2 # 3 ## color magenta {4} # 5 # 6 ## color magenta {7} # 8 # 9 } right ] = left [ matrix{ color magenta {1} # 2 # 3 ## 4 # color magenta{5} # 6 ## 7 # 8 # color magenta{9} } right ] newline newline newline
13. Himpunan
Kode sumber:
S = lbrace 1, 2, 3, 4, 5, 6 rbrace newline newline
A union B = lbrace 1, 2, 3, 5 rbrace newline newline
A intersection B = lbrace 3, 5 rbrace newline newline
n( A union B ) = n( A ) + n( B ) - n( A intersection B ) newline newline
{ n(A union B) } over { n(S) } = {n( A )} over {n ( S )} + { n(B) } over { n(S) } - {n( A intersection B )} over { n(S) } newline newline
A intersection B = emptyset newline newline
A times B = lbrace (x,y) divides x in A dan y in B rbrace newline newline
f( 3x+1 ) = left lbrace binom{{ 3x + 1 }, "untuk" 3x+1 >= 0}{-(3x+1), "untuk" 3x+1<0} right none = left lbrace binom{{3x+1}, "untuk" x>= - {1 / 3} } {-(3x-1), "untuk" x < - {1 / 3}} right none newline newline newline
14. Trigonometri
Kode sumber:
sin( 45 ) " " cos( 45 ) " " tan( 45 ) newline newline
sin %theta " " cos %theta " " tan %theta newline newline
sin %alpha " " cos %beta " " tan %gamma newline newline
{overline {PQ}}^{ 2 } = ( cos a - cos b )^{ 2 } + ( sin a - sin b )^{2} newline newline newline
Pemformatan Teks
Di antara pemformatan teks yang berguna di dalam dokumen LibreOffice Math adalah:
- warna: contoh kodenya color magenta {<?>}
- tumpukan baris: contoh kodenya binom{<?>}{<?>}
- tumpukan baris tiga tingkat: contoh kodenya stack{<?> # <?> # <?>}
- superscript: contoh kodenya ^{<?>}
- subscript: contoh kodenya: _{<?>}
- kurung asimetris: contoh kodenya left [ <?> right none dan sebaliknya left none <?> right ]
- superscript & subscript bersamaan: contoh kodenya ^{<?>}_{<?>}
Simbol-Simbol Khusus
Di antara simbol-simbol khusus yang berguna dan dapat digunakan dalam LibreOffice Math adalah:
- alfa: %alpha
- beta: %beta
- gamma: %gamma
- delta: %delta
Simbol-simbol khusus ini bisa Anda ambil melalui menu Tools > Catalog atau melalui toolbar pada tombol bersimbol Ohm (Catalog).
Unduh
Berikut ini seluruh kode sumber rumus matematika tulisan ini dalam format OpenDocument Formula (.odf) untuk LibreOffice Math. Anda bisa membukanya langsung di LibreOffice Math Anda. Saya lisensikan dalam Public Domain, silakan gunakan dan sebarkan tanpa batasan.
https://archive.org/download/latihan-libreoffice/libreoffice-math-linuxkudotcom.odf
Referensi
- Cecep Anwar & Pesta E. S & , Matematika Aplikasi untuk SMA dan MA Kelas X11 Program Studi Ilmu Alam Jilid 3, Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008. (Buku Sekolah Elektronik)
- A. Dadi & Triyati, Bersahabat dengan matematika untuk Kelas VI Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008. (Buku Sekolah Elektronik)
- Buku dokumentasi resmi LibreOffice Math: https://wiki.documentfoundation.org/images/3/37/MG40-MathGuide.pdf
- https://en.wikipedia.org/wiki/System_of_linear_equations
- https://en.wikipedia.org/wiki/Algebraic_equation
- https://en.wikipedia.org/wiki/Square_root#Principal_square_root_of_a_complex_number
- https://en.wikipedia.org/wiki/Quadratic_equation
Website ini menganut paham demokrasi wkwk
Jangan lupa gunakan emot biar akrab gan (/ ^.^)/
EmoticonEmoticon